Rabu, 21 Oktober 2009

DB2

DB2 adalah salah satu famili atau kerabat dari Relational Dataase Management System (RDMS) yang merupakan poruk software dalam IBM dimana mereka terdapat dalam satu line yang sama yaitu Information Management Software. Meskipun mereka berbeda edisi dan versi dari DB2, namun dapat dijalankan pada device yang sama atau satu mainframe yang sama. Kebanyakan DB2 selalu mengacu pada DB2 Enterprise Server Edition yang bisa dijalnkan pada system operasi Unix (AIX), Windows, Linux dan Z/OS server. Kekuatan DB2 juga berbeda dengan edisi IBM InfoSphere Warehouse.

a. Edisi DB2
DB2 untuk Z/OS (sebagai system operasi) merupakan tampilan produk tradisional yang tersedia di pasar atau pada Valu Unit Edition dimana konsumen atau penggunanya dapat membayar online dalam satu One-Time Charge.
DB2 untuk Linux, Unix dan Windows memiliki tiga edisi bagian yang terpisah yaitu Express Edition, Workgroup Server Edition dan Enterprise Server Edition.. Di setiap edisinya memiliki perbedaan grup dan feature untuk masing-masing ukuran workload.
Ada juga DB2 Express-C yang tidak mengenakan biaya atau donasi. Edisi ini disebut juga edisi Free atau gratis yang diperuntukkan bagi penggunaan database Oracle dan Microsoft SQL Server, kecuali apabila DB2 Express-C memiliki limit jumlah pengguna atau ukuran database. DB2 Express-C dapat digunakan pada Windows, Linux, Solaris, dan mesin Mac OS X dari berbagai ukuran tetapi perlengkapan yang akan digunakan hanya 2 CPU dan RAM yang berkapasitas 2 gigabyte. Didukung dengan penerimaan yang free atau gratis dan forum Web publik. IBM menawarkan penyatuan dengan telepon yang mendukung subskrisi dimana memperbolehkan pengguna untuk menggunakannya pada 4 CPU dan RAM yang berkapasitas 4 gigabyte.
DB2 untuk I (basic DB2/400) adalah reinkarnasi dari edisi ketiga dari DB2 yang sangat dekat dan dapat langsung dijumpai pada system operasi pada mesin IBM System I.
DB2 juga merupakan kekuatan IBM InfoShere Warehouse dimana menawarkan kapasitas data Warehouse. InfoSphere Warehouse menawarkan beberapa perbedaan edisi yang tersedia bagi z/OS, Linux, Unix, dan Winndows.

b. Informasi Teknik
DB2 dapat diadministrasikan dari masing-masing command line atau dari GUI. Command Line interface menyediakan berbagai informasi mengenai produk yang dpat dengan mudah dimengerti dan di automatisasi. GUI adalah multiplatform Java klien yang mengandung variasi wizard yang cocok untuk pemula. DB2 didukung juga dengan SQL dan XQuery. DB2 memiliki implementasi langsung terhadap penyimpanan data XML dimana data XML adalah XML yang bukan merupakan data relasi atau CLOB data untuk akses tercepat menggunakan XQuery.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Leave a Normal Comment...

^_^